selamat datang

Selamat Datang di Weblog http://syarif2010.blogspot.com

Minggu, 03 Juli 2011

Alhamdulilah bab 3

BAB III

ANALISA SISTEM

3.1. Sejarah Seamolec

Sejak berdirinya pada tanggal 27 Februari 1997, SEAMOLEC tidak hanya diprioritaskan pada penyusunan dokumen hukum sebagai pusat SEAMEO baru tapi juga melakukan kegiatan sesuai dengan tujuan dan fungsi.

Selama pra-pembentukan SEAMOLEC, sebuah Task Force Indonesia (ITF) instansi terkait merupakan di bentuk. Para anggota Satuan Tugas Indonesia adalah perwakilan dari Pusat Komunikasi dan Teknologi Informasi untuk Pendidikan (Pustekkom), Open Learning Universitas Indonesia (UT), Biro Kerjasama Internasional Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Biro KLN), dan Asosiasi Indonesia Teknologi Pendidikan.

kemudian, ITF diperpanjang menjadi SEAMOLEC Studi Kelayakan Tim yang terdiri dari wakil – wakil dari SEAMEO Negara Anggota dan SEAMEO Sekretariat. Tim ini adalah untuk mempersiapkan dan melakukan studi kelayakan untuk pendirian SEAMOLEC. Tim telah bekerja sangat keras melalui dua workshop SEAMEO (dilakukan di Jakarta dan Yogyakarta) dan akhirnya berhasil bisa menyelesaikan tugasnya dengan menyerahkan laporan studi kelayakan untuk Pejabat Tinggi SEAMEO Meeting (HOM) di Bangkok, Thailand dan Konferensi Dewan SEAMEO di Manila, Filipina.

Alasan untuk pembentukan SEAMOLEC, antara lain adalah keyakinan bahwa sekolah-sekolah konvensional saja tidak akan mampu memenuhi pendidikan untuk semua. Selain itu, beberapa Negara anggota SEAMEO telah menerapkan program pembelajaran terbuka dan jarak jauh sebagai cara alternative untuk meningkatkan kesempatan dan akses bagi peserta didik untuk berpartisipasi dalam pendidikan / program pelatihan.

Masih ada beberapa Negara – Negara anggota SEAMEO yang belum melaksanakan semua program pembelajaran terbuka dan jarak jauh meski pun kebutuhan pendidikan dan pelatihan tidak dapat di sediakan oleh lembaga konvensional yang ada. Rangka meningkatkan pelaksanaan pembelajaran terbuka dan jarak jauh untuk mendorong pertumbuhan yang ada program pembelajaran terbuka dan jarak jauh untuk memenuhi permintaan dari "pendidikan untuk semua", usulan proyek SEAMOLEC dikembangkan.

3.1.1 Visi dan Misi

Ø Visi

Untuk menjadi pusat keahlian dalam pembelajaran terbuka dan jarak jauh

Ø Misi

Untuk Melayani satu juta klien pada tahun 2010

Untuk membantu Negara–Negara Anggota SEAMEO dalam mengidentifikasi masalah pendidikan dan menemukan solusi alternative untuk pengembangan sumber daya berkelanjutan manusia melalui penyebaran dan penggunaan efektif pembelajaran terbuka dan jarak jauh

3.1.2 Tujuan dan Sasaran

Tujuan dari SEAMOLEC adalah melakukan program - program yang relevan yang responsive terhadap kebutuhan nasional dan regional saat ini di bidang pembelajaran terbuka dan jarak jauh. Dalam rumusan yang lebih spesifik, tujuan adalah untuk membantu :

1. Negara – Negara anggota SEAMEO dalam mempromosikan dan mendorong pembelajaran terbuka dan jarak jauh sebagai cara lain untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan pelatihan. Dalam hal ini, pembelajaran terbuka dan jarak Jauh dapat berfungsi untuk melengkapi, suplemen, atau instruksi pengganti kelas konvensional.

2. Buka dan penyedia pembelajaran jarak jauh di Negara-negara Anggota SEAMEO :

· Merancang, mengembangkan, mengevaluasi, mempromosikan, meningkatkan dan memperluas layanan mereka sehingga dapat mempercepat partisipasi mahasiswa, drop out rendah, dan meningkatkan jumlah lulusan yang berkualitas;

· Koperasi Membangun hubungan untuk saling membantu dan pembentukan jaringan pembelajaran terbuka dan jarak jauh, dan

· Mengidentifikasi, memperoleh, dan memanfaatkan sumberdaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar